Asiqin

Friday, January 6, 2017

Urruti Kiper Legenda Barcelona


Francisco Javier González Urruticoechea (17 November 1952 - Mei 2001 24)

yang dikenal sebagai Urruti, adalah seorang pemain sepak bola Spanyol yang bermain sebagai penjaga gawang.
Di FC Barcelona, klub yang dikenal untuk kiper seperti Franz Platko, Antoni Ramallets, Juan Velasco dan Ricardo Zamora, ia menjadi legenda, bermain 307 pertandingan La Liga selama 16 musim dan juga mewakili dalam kompetisi Real Sociedad dan Español.
Urruti mewakili Spanyol di tiga Piala Dunia. Pada tahun 2001, ia meninggal dalam kecelakaan lalu lintas di dekat Barcelona.

Karir di Klub

Lahir di San Sebastián, Gipuzkoa, Urruti dimainkan sebagai junior dengan Lengokoak sebelum bergabung dengan Real Sociedad pada tahun 1969, menghabiskan tiga tahun penuh dengan tim cadangan. Untuk musim La Liga berikutnya, dia mempertahankan pertempuran yang menarik status pilihan pertama dengan legendaris Luis Arconada.

Setelah Arconada akhirnya menetap, Urruti pindah ke RCD Español,  di mana ia memenangkan penghargaan Don Balon tahun 1981 (Spanyol pemain terbaik tahun ini), bergerak di kota setelah kampanye untuk bergabung FC Barcelona.

Di tahun ketiga, Urruti memenangkan Ricardo Zamora Trophy saat bermain di semua pertandingan. Dia adalah seorang anggota terkemuka dari tim Catalonia dilatih oleh Terry Venables yang memenangkan liga tahun 1985 dan kemudian mencapai final Piala Eropa pada tahun berikutnya; pada 25 Maret 1985, dalam pertandingan melawan Real Valladolid, dia berhasil menghalau tendangan pinalti dari Mágico González dan berhasil merebut gelar. 

Selama leg kedua Piala Eropa semi-final melawan IFK Göteborg, Urruti berhasil memprotes wasit tentang tujuan kebobolan setelah ia melihat bola telah keluar dari permainan. Barcelona yang tertinggal 0-3 dari leg pertama dan keputusan terus dijalankan dalam permainan. Mereka akhirnya menyamakan kedudukan, dan dalam adu penalti berikutnya ia menyelamatkan penalti krusial dan kemudian mencetak satu final dengan FC Steaua Bucureşti, bagaimanapun, akhirnya mengecewakan karena, meskipun ia menyelamatkan dua tembakan  (setelah 0-0 dalam peraturan), rekan Rumania nya, Helmuth Duckadam, menyelamatkan 4 tembakan.

Setelah Andoni Zubizarreta, Basque , tiba dari Athletic Bilbao pada tahun 1986, Urruti didorong ke bangku cadangan dan hanya muncul dalam satu pertandingan liga di dua musim terakhir, kemudian menjadi pelatih kiper klub. Pada tanggal 24 Mei 2001, ia meninggal setelah mobilnya menabrak penghalang tengah jalan lingkar di Esplugues de Llobregat, Barcelona, ​​di umur 48 tahun.


Internasional Karir 


Urruti bermain lima kali untuk Spanyol dalam rentang dua tahun, dan merupakan anggota dari regu Spanyol untuk Piala Dunia FIFA 1978, 1982 dan 1986, juga dijemput untuk UEFA Euro 1980. Debutnya datang dalam pertandingan persahabatan dengan Norwegia pada 29 Maret 1978, di Gijón; Namun, perjuangannya di tingkat klub tidak diterjemahkan ke bagian depan internasional, karena ia tidak pernah bisa menggantikan rekannya Basque Arconada dan Zubizarreta. Urruti juga mendapatkan dua caps untuk Basque Country national team.


Sumber: Wikipedia

9 comments:

loading...

Blog Archive

Powered by Blogger.