Asiqin

Wednesday, December 21, 2016

Karir Dmytro Chygrynskiy

Dmytro Anatoliyovych Chygrynskyy adalah pemain sepak bola Ukraina yang bermain sebagai bek tengah untuk AEK Athens, lahir pada 7 November 1986.

Hasil gambar untuk dmytro chygrynskiyDia menghabiskan sebagian besar karir profesionalnya, dari 2002-2015. Ia memenangkan penghargaan di klub termasuk lima gelar Ukraina Premier League, Piala Ukraina, dan Piala UEFA pada tahun 2009. Ia menghabiskan musim 2009-10 dengan Barcelona di Spanyol, bergabung dengan harga € 25 juta, jarang dimainkan di Barcelona dan kembali ke Shakhtar dengan harga € 15 juta.

Chygrynskiy mewakili tim nasional sepak bola Ukraina 2007-2011, membuat 29 penampilan. Dia berada di skuad nasional untuk Piala Dunia FIFA 2006, tapi tidak bermain karena cedera.


Karir Klub

Shakhtar Donetsk 

Chygrynskiy mendapatkan debutnya di Ukraina Premier League pada tahun 2004, pada usia 17. Pada tahun 2005, ia dipinjamkan ke klub Ukraina Metalurh Zaporizhzhya. Setelah sempat sukses di Metalurh, Dmytro dibawa kembali ke Donetsk. Dia dengan cepat muncul sebagai bek konsisten dan tokoh terkemuka, dan pertama berpengalaman di Liga Champions ketika datang sebagai pemain pengganti melawan FC Barcelona pada 2004-05 UEFA Champions League. Pemain muda yang menjadi starting lineup di tim pada musim 2006-07, pada usia 20, dia menjadi kapten Shakhtar di final Piala Ukraina melawan Dynamo Kyiv dalam ketiadaan kapten, Matuzalem.
Selama musim 2007-08, Chygrynskiy terpilih sebagai wakil kapten tim. Dan ia terpilih sebagai man of the match dalam kemenangan 2-0 atas rival Dynamo Kyiv di Final Piala Ukraina. Juga di musim yang sama, ia memenangkan Ukraina Premier League dengan Shakhtar.
Pada awal musim 2008-09, Chygrynskiy membantu skuad memenangkan Piala Super Ukraina. Dengan Shakhtar, ia bermain di babak penyisihan grup Liga Champions, urutan ketiga dalam grup di belakang Barcelona dan Sporting Clube de Portugal. Ini bukan akhir dari perjalanan klub di Eropa, karena mereka diterjunkan ke Piala UEFA. Dia membantu tim melaju ke tahap perempat final, mengalahkan Olympique de Marseille. Mereka kemudian berkembang ke semi-final, di mana mereka bertemu rival yaitu Dynamo Kyiv. Shakhtar melaju ke final Piala UEFA 2009 melawan juara DFB-Pokal Werder Bremen. Chygrynskiy dan Shakhtar memenangi trofi 2-1 setelah perpanjangan waktu 

Barcelona

Pada tanggal 26 Agustus 2009, setelah negosiasi panjang antara Shakhtar dan FC Barcelona, kesepakatan dicapai untuk transfer Chygrynskiy. Transfer itu bernilai sekitar € 25 juta. Pada tanggal 31 Agustus 2009, BARCELONA menegaskan bahwa Chygrynskiy telah melewati tes medis dan menandatangani kontrak lima tahun. Chygrynskiy adalah pemain Ukraina pertama yang pernah bermain untuk Barcelona dan diharapkan untuk menampilkan kemampuannya dengan bola di kakinya dan keterampilan defensif yang kuat.
Chygrynskiy melakukan debut untuk Barcelona pada 12 September 2009 di La Liga melawan Getafe CF. Ia bermain 90 menit penuh pada debutnya, kemenangan 2-0. 
Meskipun BARCELONA mempertahankan gelar, Chygrynskiy bernasib buruk di musim debutnya dengan klub. Meskipun demikian, manajer Pep Guardiola masih tertarik untuk mempertahankannya.

Kembali ke Shakhtar Donetsk 

Pada tanggal 6 Juli 2010, bek tengah 23 tahun ini menandatangani kontrak lima tahun untuk kembali ke mantan klubnya Shakhtar Donetsk dengan biaya € 15 juta, membuat Shakhtar mendapat untung sebesar € 10 juta. Setelah menghabiskan hanya satu musim dengan tim Spanyol, bermain hanya 14 kali. Pada tanggal 3 November 2010, Chygrynskiy mencetak header melawan Arsenal di Liga Champions. Chygrynskiy meninggalkan Shakhtar dengan kesepakatan bersama pada 2 Februari 2015.

Dnipro

Tujuh hari setelah meninggalkan Shakhtar, Chygrynskiy bergabung dengan sesama tim liga FC Dnipro Dnipropetrovsk pada kontrak hingga akhir musim.

AEK Athens 

Pada 11 Juni 2016 Chygrynskiy menandatangani kontrak dua tahun dengan klub Greece super league AEK Athens. 

Internasional karir 


Setelah musim 2005-06 sukses, Chygrynskiy dipanggil ke skuad Piala Dunia FIFA 2006 oleh pelatih Oleg Blokhin, menyusul cedera Serhiy Fedorov. Sesaat sebelum Piala Dunia, Chygrynskiy adalah anggota dari Ukraina U-21, yang selesai sebagai runner-up di UEFA U-21 Championship 2006. Menampilkan performa impresif selama kejuaraan, ia terpilih sebagai anggota tim dari turnamen oleh UEFA. Meskipun diatur untuk menjadi starter di Piala Dunia Ukraina, Chygrynskiy mengalami cedera selama tahap penutupan U-21 kompetisi, yang memaksa dia keluar dari seluruh turnamen yang akan datang.

Setelah pemulihan dari cedera, Chygrynskiy membuktikan dirinya sebagai starter untuk tim sepak bola Ukraina di kualifikasi Euro 2008.


Sumber: Wikipedia

2 comments:

loading...

Blog Archive

Powered by Blogger.